Sunday 14 April 2013
Grade adalah persentase kemiringan. Saya lupa lupa ingat mengenai pengertian grade ini sendiri, saya hanya mengingat bagaimana cara menyelesaikan permasalahannya. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi trik bagaimana  cara memecahkan masalah dalam mencari grade.



Misalnya pada sebuah studi kasus diketahui sebuah slope (kemiringan gunung) adalah 300, berapakah nilai gradenya ... untuk mencari grade suatu kemiringan, terlebih dahulu kita harus mengetahui berapakah nilai rise dan run nya,, untuk itu kita harus menggambar untuk mendapatkan nilai rise dan run nya,, ikuti langkah berikut

1. Buatlah sebuah garis horizontal dengan panjang sembarang, disini saya akan membuat sebuah garis dengan panjang 5cm. Kita menamakannya garis AB.  garis AB ini juga dinamakan sebagai run
rise

2. Kemudian, dari salah satu ujung garis tersebut garislah sebuah garis linier dengan sudut 300  disini saya meletakkannya di ujung B . Pastikan garis tersebut cukup panjang sehingga nantinya dapat terjadi perpotongan..
memasukkan sudut 30 derajat
3. Kemudian disalah satu ujung garis lainnya ( A ) buatlah sebuah garis tegak lurus yang cukup panjang sehingga terjadinya perpotongan antara garis BC dan garis AC. Disini, kita mendapatkan panjang AC yang disebut juga sebagai rise.


Nah, setelah mendapatkan nilai rise dan run nya..  sekarang kita masukkan nilai tersebut kedalam rumus. 

 Disini kita mendapatkan rise = 2,9 cm dan run = 5 cm
Maka



Maka, nilai grade untuk slope 300 ialah 58 .satuannya apa ya -_- kalau ga salah %  jadi 50 %

Note: nilai pengukuran grade ini tidak mutlak, tergantung panjang garis AB pada langkah satu, namun perbedaan nilainya tidak terlalu jauh hanya 2-4 saja.. 
Tolong koreksi jika ada bagian yang salah


0 comments: